Rujak Cireng: Camilan Khas Sunda yang Lezat dan Menggugah Selera

Pages

Rujak Cireng: Camilan Khas Sunda yang Lezat dan Menggugah Selera

Rujak Cireng: Camilan Khas Sunda yang Lezat dan Menggugah Selera
Rujak Cireng: Camilan Khas Sunda yang Lezat dan Menggugah Selera. Cireng adalah camilan khas Sunda yang populer dan disukai oleh banyak orang. Singkatan dari "aci digoreng", cireng terbuat dari tepung kanji.

Camilan ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan kenyal di dalam, membuatnya menjadi camilan yang lezat dan menggugah selera.

Apa Itu Cireng?

Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda, Indonesia. Cireng terbuat dari tepung kanji atau tepung aci. Biasanya, cireng digoreng hingga berwarna kecokelatan dan disajikan dengan berbagai macam bumbu atau saus¹.

Ciri Khas Cireng

Cireng memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya unik dan disukai banyak orang. Pertama, cireng memiliki tekstur yang renyah di luar dan kenyal di dalam. Kedua, cireng memiliki rasa yang gurih dan lezat, terutama jika dipadukan dengan saus kacang atau saus sambal.

Cireng Sebagai Makanan Khas Daerah

Cireng adalah salah satu camilan khas dari Indonesia, terutama dari daerah Jawa Barat. Meskipun terlihat seperti makanan sederhana, cireng memiliki sejarah panjang dan unik.

Siapa yang Pertama Kali Membuat Cireng?

Cireng pertama kali ditemukan di Cimahi, Jawa Barat pada tahun 1970-an oleh seorang ibu rumah tangga yang tidak sengaja menciptakan camilan ini ketika mencoba membuat kerupuk oleh-oleh untuk anaknya.

Bagaimana Rasanya Cireng?

Cireng memiliki rasa yang gurih dan lezat, terutama jika dipadukan dengan saus kacang atau saus sambal. Teksturnya yang renyah di luar dan kenyal di dalam membuat cireng menjadi camilan yang lezat dan menggugah selera.

Apa Kepanjangan dari Cireng?

Cireng adalah singkatan dari "aci digoreng", yang berarti tepung kanji yang digoreng.

Penutup

Cireng adalah camilan khas Sunda yang lezat dan menggugah selera. Dengan tekstur yang renyah dan kenyal, serta rasa yang gurih dan lezat, tidak heran jika cireng menjadi camilan favorit banyak orang.

Jadi, jika Anda belum pernah mencoba cireng, ini adalah waktu yang tepat untuk mencobanya!

Referensi:

[Apa Itu Cireng? Mengetahui Asal Usul dan Cara Membuatnya](https://www.localstartupfest.id/faq/apa-itu-cireng/)

[11 Cara membuat cireng kuah, gurih, lezat, dan antigagal - BrilioFood](https://www.briliofood.net/info-kuliner/d-5984569/5-nama-camilan-aci-yang-sudah-masuk-kbbi-ada-cipuk-dan-cimin)

[Cireng - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas](https://id.wikipedia.org/wiki/Cireng)

[Asal Mula Lahirnya Cireng - Kompasiana.com](https://www.kompasiana.com/nataliatonadi4618/60ec334930e98b4efd6a9042/asal-mula-lahirnya-cireng)

Source:

(1) Apa Itu Cireng? Mengetahui Asal Usul dan Cara Membuatnya. https://www.localstartupfest.id/faq/apa-itu-cireng/.

(2) Cireng - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Cireng.

(3) 11 Cara membuat cireng kuah, gurih, lezat, dan antigagal - BrilioFood. https://www.briliofood.net/resep/11-cara-membuat-cireng-kuah-gurih-lezat-dan-antigagal-220322i.html.

(4) Asal Mula Lahirnya Cireng - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/nataliatonadi4618/60ec334930e98b4efd6a9042/asal-mula-lahirnya-cireng.

(5) 15 Cara membuat cireng, enak, renyah, dan sederhana - BrilioFood. https://www.briliofood.net/resep/15-cara-membuat-cireng-enak-renyah-dan-sederhana-191014i.html.

(6) Asal-usul Cireng, Jajanan Kenyal Khas Sunda - detikcom. https://www.detik.com/jabar/kuliner/d-6345316/asal-usul-cireng-jajanan-kenyal-khas-sunda.

(7) Mengulik Sejarah Cireng, jajanan khas daerah Bandung idola banyak orang .... https://kulinear.hops.id/resep/3038230674/mengulik-sejarah-cireng-jajanan-khas-daerah-bandung-idola-banyak-orang-plus-cara-buat-cireng-salju.

(8) Mengenal Asal Usul Cireng - PT. Melati Putra Jaya. https://www.melatiputrajaya.com/mengenal-asal-usul-cireng.

(9) 5 Nama Camilan Aci yang Sudah Masuk KBBI, Ada Cipuk dan Cimin! - detikFood. https://food.detik.com/info-kuliner/d-5984569/5-nama-camilan-aci-yang-sudah-masuk-kbbi-ada-cipuk-dan-cimin.

(10) Sudah Ada Sejak Setengah Abad Lalu, Begini Awal Mula Terciptanya Cireng .... https://www.diadona.id/food/sudah-ada-sejak-setengah-abad-lalu-begini-awal-mula-terciptanya-cireng-200511y.html.

(11) Cireng Isi Lezat dan Sederhana khas Bandung - Resep | ResepKoki. https://resepkoki.id/resep/resep-cireng-isi/.

(12) Cara Membuat Cireng Isian Ayam, Pedas Gurih dan Kenyal ... - detikFood. https://food.detik.com/kue/d-6944572/cara-membuat-cireng-isian-ayam-pedas-gurih-dan-kenyal-dijamin-nagih.
Hai!

×





Kirim